rudiantara

Berbagai komentar miring bermunculan terkait kinerja Kominfo dalam mengontrol penyebaran paham radikalisme dan terorisme di internet. Berdasarkan UU ITE, baik konten yang melanggar susila, terorisme, bahkan melanggar hak cipta sebenarnya bisa dikenai tindakan, namun sebelum pemerintahan Jokowi, Kemkominfo jauh lebih dikenal akibat sering memblokir video porno. Sementara informasi antar teroris jadi jauh lebih berkembang dan sulit dideteksi.

Karena itu, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menyatakan bahwa pemerintah sangat serius menangani konten terorisme dan kekerasan. Facebook, Google, Twitter, dan Telegram telah menyatakan komitmennya untuk ikut membasmi konten radikalisme dan terorisme di internet. Sejauh ini, ada ratusan konten yang sudah diblokir sejak kasus bom Surabaya.

“Lebih dari 280 (akun) yang langsung di-take down, karena Telegram ini kooperatif. Dulu banyak kaitannya masalah radikalisme terorisme sampai ditutup. Sekarang sangat kooperatif, jadi dari 280 itu sudah di-take down,” ujar Rudiantara di gedung Kominfo, Jakarta. Kemudian, Facebook dan Instagram yang merupakan satu perusahaan, menemukan 450 akun yang berisikan radikalisme dan terorisme, dimana 300 akun di antaranya sudah diblokir.

Lalu, YouTube yang merupakan situs berbagi video di bawah naungan Google, mengatakan ada 250 akun yang menyebarkan konten negatif. Dari laporan tersebut, 40% sudah dilakukan pemebersihan oleh YouTube.

Dan, terakhir Twitter mengungkapkan bahwa situs mikroblogging ini telah memblokir konten radikalisme dan terorisme sampai 60%-70% dari laporan yang diterimanya. Sementara sisanya, masih dalam proses.

Baca pula: Budi Arie Setiadi: Teror Surabaya Itu BIADAB, Melawan Prinsip Kemanusiaan!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s